Tuesday, July 21, 2015

Alasan Makanan dan Minuman Tidak Boleh Ditiup


Aku tidak pernah tahu sebelumnya kalau makanan atau minuman panas tidak boleh ditiup. Saat lebaran ke tiga di rumah sanak saudara, aku sedang asik menikmati mie sop yang baru saja dibeli oleh ibuku. Kan karena masih panas, jadi aku tiup agar aku bisa memakannya. Kemudian sepupuku mengatakan meniup makanan itu salah, aku langsung menganggap itu mitos saja. Lalu aku membaca sebuah tulisan blog yang menyatakan kalau Nabi Muhammad Saw melarang meniup makanan atau minuman panas.
Setelah itu, aku pun penasaran dan berusaha mendapatkan info sebanyak mungkin mengenai penyebab makanan panas jangan ditiup dan bahaya yang ditimbulkannya. Karena selama ini makanan atau minuman panas sering aku tiup, seperti nasi saat sarapan pagi yang buru-buru, minum teh panas, dan juga saat makan gorengan yang masih panas.
Dan alasan makanan panas jangan ditiup pun terkuak. Alasannya sangat ilmiah dan bisa dibuktikan. Bukan sekedar omongan saja dan juga bukan mitos. Namun, kita sering meremehkannya. Inilah alasan dan bahayanya makanan atau minuman panas ditiup. Saat kita minum teh panas misalnya, lalu kita tiup agar dingin. Saat meniup, mulut kita akan mengeluarkan karbon dioksida dengan rumus kimia CO2. Sedangkan air teh rumusnya H2O. Apa reaksi jika Co2 dan H2O bercampur? Jika masih ingat pelajaran kimia dulu, jika H2O bercampur dengan CO2 akan memunculkan H2CO3 atau disebut asam karbonat. Dan asam karbonat inilah yang berbahaya bagikesehatan tubuh kita jika makanan atau minuman panas ditiup.Sangat berbahaya bagi kesehatan tubuh apalagi bagi kesehatan anak-anak atau bayi.
Selain itu, saat kita meniup makanan atau minuman, yang keluar dari mulut kita tidak hanya udara saja. tapi juga pertikel-partikel dari rongga pernafasan kita. Partikel ini bisa dari sisa makanan yang menempel di sela-sela gigi ataupun mikroorganime yang menempel di mulut yang kita tahu sifatnya patogen. Bakteri patogen artinya bakteri yang bersifat parasit yang menimbulkan penyakit pada manusia, hewan dan tumbuhan.
[sumber: TanyaOpoo]
Hal yang sepele sih, tapi ternyata berbahaya!
Semoga bermanfaat yaa

Terimakasih sudah membaca , Tinggalkan komentarnya juga ya

3 comments:

  1. thank you kak Dila! adekku juga ngelarang gitu, terus aku bingung, kalo kata aku mah bodo amat, wkwk ._. nggak taunya dapet info kayak gini, makasih ya kak. adekku kutanya kenapa malah nggak tau. bisanya cuma ngelarang doang tanpa alasan yang jelas -_-

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya dek, sama-sama :)
      Awalnya sih kakak sama seperti kamu. Masa bodo' :D
      Tapi lama kelamaan penasaran juga.
      kenapa dilarang, ehh setelah di search itu toh alasannya.
      Semoga bisa lebih menjaga kesehatan tubuh kita yaa ^^

      Delete
  2. Mohon diingatkan ke blog Saung Bujang, agar menghapus postingannya, karena telah copy paste dari blog tanyaOPOO.. Mba juga mencantumkan sumbernya dari www.tanyaopoo.blogspot.com aja.. Thks..

    ReplyDelete

-Mohon berikan komentar anda dengan menggunakan bahasa yang sopan.
-Jika ingin repost, silahkan cantumkan namaku dan link blogku.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 
This Blog Are Protected By Me . DO NOT OPEN MY PAGESOURCE . Designed by -Nur Irdina Zakaria- and Re-Designed by -DILA AZHARI-
...