Jumat, 14 April 2023

Koneksi Antar Materi Modul 3.1 - Pengambilan Keputusan Berbasis Nilai-Nilai Kebajikan Sebagai Pemimpin

Hallo sahabat guru...
Salam dan Bahagia 
Pada postingan kali ini saya akan berbagi informasi tentang Modul 3.1 Pendidikan Guru Penggerak Angkatan 7 dari Kab. Deli Serdang terkait "Pengambilan Keputusan Berbasis Nilai-Nilai Kebajikan Sebagai Pemimpin".

Tujuan Pembelajaran Khusus: CGP membuat kesimpulan (sintesis) dari keseluruhan materi yang di dapat dengan beraneka cara dan media.

Bapak dan Ibu Guru hebat di seluruh Indonesia mari kita cermati bersama kalimat bijak berikut ini:

Mengajarkan anak menghitung itu baik, namun mengajarkan mereka apa yang berharga/utama adalah yang terbaik. (Bob Talbert)
Dari kalimat bijak tersebut menyadarkan saya bahwa menjadi seorang pendidik bukan banyak menuntut kepada murid, akan tetapi menuntun murid untuk menanamkan nilai-nilai kebajikan dalam diri murid sebagai bekal masa depannya. Tak ada yang bisa menerka akan menjadi apa murid kita nantinya. Bisa saja murid-murid kita nantinya menjadi pemimpin bangsa ini. Sehingga dengan menanamkan nilai-nilai kebajikan sejak dini nantinya murid akan memperoleh keselamatan dan kebahagiaan dalam menjalankan perannya sebagai pemimpin makhluk di muka bumi. Mampu mengambil sebuah keputusan yang berlandaskan pada nilai-nilai kebajikan, bertanggungjawab, dan bijaksana.
Begitu juga bagi seorang guru, jika guru memiliki nilai-nilai kebajikan yang tertanam dalam kepribadiannya maka keputusan yang diambil akan berpihak pada kebenaran serta berpihak pada murid.
Tentu saja hal ini sejalan dengan kalimat bijak berikut ini,
Pendidikan adalah sebuah seni untuk membuat manusia menjadi berperilaku etis. (Georg Wilhelm Friedrich Hegel)
Sebagai pemimpin pembelajaran, guru harus memberikan tauladan kepada muridnya, menuntun muridnya dengan penguatan karakter dan norma-norma sehingga nantinya murid kita akan menjadi generasi yang memiliki nilai moral, kebajikan dan kebenaran untuk menjalankan kehidupannya.
Sahabat guru hebat, yuuuk disimak, semoga bermanfaat.


Terimakasih sudah membaca , Tinggalkan komentarnya juga ya

3 komentar:

  1. Luar biasa pemahamannya ibu guru. Salam kenal dari CGP 7 Kab. Bireun :-)

    BalasHapus
  2. Blognya keren mbak. (h) Salam kenal dari CGP Kab. Lahat. (c)

    BalasHapus
  3. mantap. luar biasa bu dila

    BalasHapus

-Mohon berikan komentar anda dengan menggunakan bahasa yang sopan.
-Jika ingin repost, silahkan cantumkan namaku dan link blogku.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 
This Blog Are Protected By Me . DO NOT OPEN MY PAGESOURCE . Designed by -Nur Irdina Zakaria- and Re-Designed by -DILA AZHARI-
...